Kamis, 03 Oktober 2013

Indonesia Disingkat "INA" Atau "IDN"?



Begini.. Ternyata (singkatnya) untuk semua pertandingan resmi di bawah FIFA kode yang digunakan untuk Indonesia adalah 'IDN'. Dan kode 'INA' digunakan pada semua pertandingan yang diadakan di luar FIFA.

Itu singkatnya. Untuk lebih lengkapnya, ternyata ada 3 jenis kode yang dibuat oleh 3 organisasi yang berbeda untuk merepresentasikan negara-negara di dunia. Yang pertama adalah kode negara yang dibuat International Olympic Committee (IOC). IOC ini adalah yang menggunakan kode negara 'INA' untuk Indonesia. Yang kedua adalah kode negara yang dibuat oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA).
Seperti penjelasan di atas FIFA menggunakan kode negara 'IDN' untuk Indonesia. Dan yang satu lagi adalah kode negara yang dibuat oleh International Organization for Standardization (ISO). ISO ini memang tugasnya memberi 'standar-standar' untuk banyak hal di dunia, termasuk kode huruf negara. ISO memakai 'IDN' untuk merepresentasikan Indonesia. ISO pun unik, dia  menetapkan 3 jenis kode negara: kode 2 huruf, kode 3 huruf, dan kode angka. Untuk kode 2 huruf Indonesia adalah 'ID', yang 3 huruf 'IDN', dan yang angka adalah '360'. Kode 2 huruf ini adalah yang biasa dipakai pada domain internet. Taulaaah...dotkodotaidi itu loh.. Hehe.

Sebenernya gak semua negara mempunyai kode yang berbeda antara versi IOC, FIFA, dan ISO. Seperti Australia misalnya, tiga-tiganya kodenya 'AUS'. Jerman beda lagi. Kode negara IOC dan FIFA untuk Jerman adalah 'GER' (mengacu pada Germany), dan versi ISO adalah 'DEU' (mengacu pada nama asli Jerman yaitu Deutschland).

Tiga-tiganya benar, yang berbeda hanyalah penempatan dan penggunaannya. Seperti yang udah saya jelaskan di atas, untuk pertandingan di bawah FIFA, maka kode negara oleh FIFA lah yang digunakan. Untuk pertandingan di bawah IOC, maka kode negara IOC yang digunakan. Sedangkan kode negara ISO biasanya digunakan untuk hal-hal lain yang lebih 'resmi', karena standar ISO itu adalah standar resmi yang diakui dunia. Sehingga (seharusnya) menjadikan 'IDN' lebih common daripada 'INA'.

Jelas sekarang, 'INA' maupun 'IDN', dua-duanya sama-sama benar, tergantung penggunaannya. Tapi hidup Indonesia lah pokoknya!

Artikel Lainnya:

1 komentar:

  1. Ayo Daftar Sekarang Juga Hanya Di http://www.SAYANG77.COM
    Min Deposit & Withdraw : Rp. 20.000
    Bonus NEW MEMAyo Daftar Sekarang Juga Hanya Di http://www.SAYANG77.COM
    Min Deposit & Withdraw : Rp. 20.000
    Bonus NEW MEMBER Rp15.000 DAFTAR DI SINI
    Bonus Turover 0.3%
    Bonus Refferal 15% seumur Hidup
    hanya ada di SAYANG77.COM
    AGEN POKER ONLINE
    Poker Online IndonesiaBER Rp15.000 DAFTAR DI SINI
    Bonus Turover 0.3%
    Bonus Refferal 15% seumur Hidup
    hanya ada di SAYANG77.COM
    AGEN POKER ONLINE
    Poker Online Indonesia

    BalasHapus