Kamis, 26 September 2013

8 Sinetron Tahun 90an Terpopuler

Postingan kali ini saya mau mengajak sobat untuk mengenang acara sinetron di era 90an. Sinema elektronik atau lebih populer dalam akronim sinetron adalah istilah untuk serial drama sandiwara bersambung yang disiarkan oleh stasiun televisi. Dalam bahasa Inggris, sinetron disebut soap opera (opera sabun), sedangkan dalam bahasa Spanyol disebut telenovela. Menurut hasil wawancara dengan Teguh Karya, sutradara terkenal asal Indonesia, istilah yang digunakan secara luas di Indonesia ini pertama kali dicetuskan oleh Soemardjono (salah satu pendiri dan mantan pengajar Institut Kesenian Jakarta).

Sinetron pada umumnya bercerita tentang kehidupan manusia sehari-hari yang diwarnai konflik berkepanjangan. Seperti layaknya drama atau sandiwara, sinetron diawali dengan perkenalan tokoh-tokoh yang memiliki karakter masing-masing. Berbagai karakter yang berbeda menimbulkan konflik yang makin lama makin besar sehingga sampai pada titik klimaksnya. Akhir dari suatu sinetron dapat bahagia maupun sedih, tergantung dari jalan cerita yang ditentukan oleh penulis skenario.

Menurut saya sinetron tahun 90an jauh lebih menarik dari sinetron yang ada sekarang. Dulu terdapat bayank genre yang bisa kita saksikan, misalnya yang paling populer adalah genre laga seperti "Deru Debu".

Berikut 8 sinetron 90an yang masih saya ingat:

1. Deru Debu


Deru Debu merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di SCTV sejak 1995 hingga tamat tahun 1996. Pemain utama di sinetron ini ialah Willy Dozan, Ari Wibowo, Enno Lerian, Adi Bing Slamet, dan masih banyak lagi. Jumlah episodenya ialah lebih dari 40 episode. Sinetron ini diproduksi oleh Myriad Komunikatama.

 2. Tersanjung


Tersanjung merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di Indosiar mulai tahun 1996 hingga tamat tahun 2005 dengan 7 musim. Pemain utama di sinetron ini ialah Lulu Tobing, Ari Wibowo, Jihan Fahira, Primus Yustisio, Tio Duarte, Cut Tari, Febby Febiola, Mega Utami, Reynold Surbakti, dan masih banyak lagi. Jumlah terdiri lebih dari ratusan Episode selama 7 Musim. Sinetron ini diproduksi oleh Multivision Plus

3. Si Doel Anak Sekolahan


Si Doel Anak Sekolahan atau biasa disingkat SDAS adalah Sinetron televisi dari Indonesia yang disutradarai Rano Karno sebagai si Doel. Serial ini pertama ditayangkan di RCTI pada awal 1994 sampai 2002 , lalu ditayangkan lagi oleh Indosiar dari 2002 sampai berakhir pada Jumat, 30 Juni 2006 . Lalu pada April 2013 ditayangkan lagi di RCTI. Terdiri dari 162 Episode dan 7 Season, ceritanya adalah versi modern dari novel Si Doel Anak Betawi karya Aman Datuk Majoindo dan film berjudul sama yang disutradarai Sjumandjaja di tahun 1972. Dalam versi film, Rano Karno juga berperan sebagai si Doel dan Benyamin S memainkan Sabeni yang diproduksi oleh Karnos Film .Sejauh ini, Si Doel Anak Sekolahan berhasil menjadi sinetron Indonesia terlama yang ditayangkan di televisi, dengan 7 season dan 162 episode (hingga Season 7). SDAS ketika pertama ditayangkan melejit menjadi salah satu acara paling terkenal dan mengalahkan popularitas produksi-produksi asing yang saat itu mendominasi televisi Indonesia.

4. Anak Ajaib


Anak Ajaib merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di SCTV dari tahun 1999 hingga tahun 2000. Pemain utama di sinetron ini ialah Joshua Suherman, Leony, Meidiana Hutomo, Sandy Nayoan, dan masih banyak lagi. Jumlah episodenya adalah 20+. Sinetron ini diproduksi oleh Indika Entertainment.

5. Wiro Sableng


Wiro Sableng atau Pendekar 212, adalah nama tokoh fiksi dalam seri buku yang ditulis oleh Bastian Tito. Serial Wiro Sableng ini telah diadaptasi sebagai sinetron dan film. Film dibintangi oleh Tonny Hidayat, dan sinetron dibintangi oleh Herning Sukendro (Wiro Sableng I episode 1-59) dan Abhie Cancer (Wiro Sableng I episode 59-91). Sinetron Wiro Sableng telah dibuat 2 bagian.

6. Saras 008


Saras 008 merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di Indosiar dari tahun 1998 hingga tahun 2000. Pemain utama di sinetron ini ialah Cindy Dewiana, Selly Hasan, Asty Ananta, Angel Karamoy Pretty Asmara, Paquita Widjaya, dan masih banyak lagi. Jumlah episodenya adalah 60+. Sinetron ini diproduksi oleh Rapi Films.

7. Jin dan Jun 


Jin dan Jun merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di RCTI mulai tahun 1996 hingga tamat tahun 2001 dan TPI mulai tahun 2003 hingga tamat pada tahun 2008, yang mengisahkan persahabatan manusia dengan jin dan diproduksi oleh Multivision Plus.

8. Keluarga Cemara


Keluarga Cemara merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di RCTI dan TV7 mulai pada tanggal 6 Oktober 1996 hingga tamat pada tanggal 28 Februari 2005. Pemain utama di sinetron ini ialah Novia Kolopaking, Lia Waroka, Adi Kurdi, Ceria HD, dan masih banyak lagi. Jumlah episodenya ialah 412 dengan 3 musim. Sinetron ini diproduksi oleh Atmo Production.

Itu dia 8 sinetron tahun 90an yang masih saya ingat. Sebenarnya masih banyak lagi sinetron populer pada masa itu seperti Jacky, Cinta, Perjalanan, Tersayang, 1 Kakak 7 Keponakan, dll. Namun saya hanya memposting yang sring saya nonton dulu. Kalau sekarang sih sudah tidak pernah nonton sinetron lagi, bahkan sekarang saya cenderung anti dengan sinetron. Mungkin karena jalan ceritanya monoton. Maklum, sinetron sekarang kejar tayang, jadi ceritanya cenderung asal-asalan.

Sekian postingan kali ini, semoga bisa menghibur sobat semua.

Referensi: Wikipedia


Artikel Lainnya:

6 komentar:

  1. JAMANKU DULU TERIMAKASIH INFORMAINYA

    BalasHapus
  2. Zamanku juga dulu...tak bisa dilupakan

    BalasHapus
  3. enakan sintron dulu daripada sekarang ,yak sekarang ini hampir settiap ceritanya norak,kampungan,terus gak jelas

    BalasHapus
  4. msh kurang ada lagi panji manusia millenium sm gerhana terus ada lg bulan purnama n sang bintang indosiar mirah delima sctv thn 1996 sapu jagat rcti thn 1999 sampe 2001

    BalasHapus
  5. Noktah Merah Perkawinan blm di sebutin tuh yg tayang di indosiar yg rumahnya mewah bingit.. Yg masih di ingat saat tayangan ayu azhari makan jeruk di meja makan yg mewah sendirian. Sedangkan suaminya sedang selingkuh..

    BalasHapus