Senin, 16 September 2013

Kenali Negerimu, Cintai Negerimu


Halo sobat blogger, kali ini saya ingin sedikit berbagi keluh kesah. Jadi ceritanya gini, barusan saya dan teman-teman abis nonton pertandingan TIMNAS di televisi, dan seperti biasa permainan TIMNAS kita tidak terlalu bagus, walaupun akhirnya menang dengan susah payah. Bukan permainan TIMNAS yang akan saya bahas disini tapi mengenai omongan sebagian teman-teman saya yang terkesan meremehkan, memandang sebelah mata dan tidak menaruh rasa hormat sama sekali terhadap bangsa mereka sendiri.


Sesaat sebelum pertandingan pun sudah banyak kata-kata yang membuat saya jengkel, seperti "ah.. paling juga Indonesia bakal kalah" atau "pemainnya aja kek gitu, gimana mau menang", bahkan ada diantara mereka yang ngajak saya taruhan dan memilih Thailand yang menjadi lawan Indonesia saat itu, dan dengan sangat yakin bahwa Thailand yang akan menang.


Memang situasi ini tidak lepas dari pengelolaan sepakbola kita yang masih buruk dan prestasi TIMNAS yang terkesan "jalan di tempat", tapi apakah pantas sebagai generasi muda mempunyai pikiran serendah itu terhadap bangsanya sendiri bahkan tidak memiliki rasa optimisme sama sekali. Bukan hanya di sepakbola saja tapi hampir di semua bidang yang saya perbincangkan selalu ada nada pesimis dari mulut mereka. 


Memang negara kita sekarang lagi banyak masalah yang membuat kita jengah tapi seharusnya sebagai generasi penerus rasa cinta tanah air harus kita tanamkan dalam diri kita masing-masing. Jangan hanya taunya protes dan protes tanpa mau berbuat apa-apa terhadap kemajuan  bangsa. Ingat, untuk melakukan perubahan tidak perlu melakukan hal besar bahkan bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, contohnya jangan membuang sampah sembarangan, sudahkah anda melakukannya?
Kalau bukan kita siapa lagi yang harus optimis terhadap bangsa ini, kita tinggal di tanahnya, kita minum airnya, kita hirup udaranya, lalu dimana rasa terima kasih kita..


Hanya ada 3 negara yang berjuang merebut kemerdekaannya, yakni Vietnam, Aljazair dan negara kita tercinta Indonesia. Fakta itu saja harusnya sudah membuat kita bangga dan sadar bahwa kita bukan bangsa pemalas, apapun yang kita inginkan untuk bangsa ini harus diperjuangkan.


Kalau saya pribadi sangat bangga jadi anak Indonesia, bagaimanapun keadaannya. Saya selalu diam dan menghayati ketika Indonesia Raya berkumandang, selalu ada rasa haru dan bangga ketika Merah Putih dikibarkan. Kebanyakan orang tidak memiliki rasa cinta tanah air karena tidak mengenal tanah airnya, mereka hanya melihat Indonesia di media. Sementara di media itu hanya ada berita-berita  buruk tentang bangsa ini seperti korupsi. Karena itu, keluarlah dari rumah kalian, lihat Indonesia secara langsung, lihatlah betapa indahnya alam kita, betapa birunya langit kita. Kenali negerimu. cintai negerimu..

Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar