Senin, 23 September 2013

Penantian 22 Tahun


Indonesia harus menanti 22 tahun lamanya untuk melihat timnas sepakbolanya kembali mengangkat piala, terakhir kali timnas Indonesia mendapat gelar adalah di SEA Games 1991 di Vietnam. Namun akhirnya tepat tanggal 22 September 2013 penantian panjang itu akhirnya terbayar lunas dengan keluarnya timnas U19 sebagai juara di ajang AFF Cup U19.

Meski hanya di kategori umur dibawah 19 tahun, gelar ini cukup untuk menghilangkan dahaga pecinta sepakbola nasional yang begitu rindu dengan kejayaan timnas. Di level senior prestasi terbaik timnas di ajang AFF Cup yang dulunya bernama Tiger Cup ini hanya sebagai runner up sebanyak 4 kali.

Prestasi gemilang itu ditoreh setelah timnas U-19 Indonesia menang 7-6 atas Vietnam pada drama adu penalti final Piala AFF U-19 2013 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Stadion Gelora Delta Sidoarjo menyambut meriah kemenangan skuat Garuda Muda. Sepakan Ilham Udin sebagai eksekutor timnas Indonesia memastikan kemenangan itu. Bola tendangan Ilham Udin sempat membentur tiang sebelum masuk ke gawang, dan disambut meriah oleh seluruh penonton yang memadati stadion.. Gelar itu bukan cuma jadi torehan pertama buat timnas U-19 Indonesia di pentas Piala AFF U-19. Gelar itu juga yang pertama buat semua kelompok umur timnas Indonesia di turnamen AFF.


Ketua umum PSSI Djohar Arifin mengatakan, sangat bangga dengan tim nasional U-19 yang memenangkan laga final Piala AFF U-19 pada Ahad 22 September 2013. "Ini sejarah baru bagi Indonesia," kata Djohar.

Menurut Djohar, PSSI akan menjadikan laga ini sebagai bahan evaluasi untuk memajukan Indonesia di kancah sepak bola dunia. Selain itu Djohar juga berjanji akan memberikan beasiswa kepada semua pemain yang berhasil membawa Indonesia juara. "Mereka harus sarjana," ujarnya.

Keberhasilan Timnas U-19 Indonesia merebut gelar juara Piala AFF U-19 2013 di Sidoarjo  ikut dinikmati pemain senior. Bambang Pamungkas, Firman Utina dan Hamka Hamzah ramai-ramai memberi ucapan selamat kepada Garuda Jaya.

Bepe, sapaan akrab Bambang Pamungkas, menyambut kemenangan Garuda Jaya-- julukan Timnas U-19 Indonesia-- dengan menuliskan ucapan selamat lewat Twitter.
“IN-DO-NE-SIA..!!! IN-DO-NE-SIA..!!! IN-DO-NE-SIA..!!! #JuaraAFFCupU19,” tulis Bepe seperti dikutip Bolaindo.

Sementara Firman Utina, mantan gelandang serang Timnas Indonesia, menganggap keberhasilan Timnas U-19 Indonesia merebut gelar juara adalah tanda persepakbolaan Indonesia mulai melakukan perubahan.

“Terima kasih ya Allah, Engkau telah kabulkan doa seluruh masyarakat Indonesia. Indonesia juara. Indonesia juara. Perubahan mulai terlihat,” kata Firman melalui akun twitter @Firman_15_Utina.

Sedangkan, Hamka Hamzah menilai Timnas U-19 adalah tim juara dan tim hebat. “Congratulation team !!! Team juara, team hebat…!!! Alhamdulillah.. championeeee!!!!” tulis Hamka dalam akun twitternya.

Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar